Diferensiasi JKT48 di Dunia Hiburan Indonesia
Indonesia sedang dihujani Boys dan girls band yang mengadopsi konsep boys dan girls band korea. Namun di tengah serbuah boys dan girls band berkonsep korea, muncul sebuah grup JKT48. JKT48 merupakan satu-satunya sister grup dari AKB48 di luar Jepang. Beranggotakan 28 remaja belasan tahun membuat grup ini sangat menarik perhatian, 28 orang dalam satu panggung. JKT48 pertama kali muncul dalam iklan pocari sweat. Muda, energik dan menarik membuat kemunculan pertama mereka masuk jajaran Treding Topic twitter. Tidak seperti boys dan girls band umumnya yang membutuhkan mereka tidak sering mengumbar aksi panggung ke panggung musik televisi seperti rekan boys dan girls band lain. Seakan bertahan pelan-pelan menyebar misteri dan keingintahuan besar pecinta musik. Tanpa banyak mengumbar kata di media, mereka bersiap dengan sebuah konser bersama older sister mereka AKB48 dari Jepang. Konser yang digelar 25 Februari 2012 lalu, sebanyak 3000 orang bernyanyi dan menari bersama di Balai Kartini.
Tentu prestasi tersebut memunculkan kesimpulan mereka sukses dengan diferensiasi. Menurut Phillip Kotler diferensiasi adalah tindakan merancang set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran sebuah perusahaan dengan penawaran lain. Dalam hal grup JKT48 saya merasa definisi diferensiasi Hermawan Kertajaya lebih terasa pas. Semua upaya yang dilakukan untuk menciptakan perbedaan diantara pesaing dengan tujuan memberikan nilai yang terbaik untuk konsumen atau pencinta music Indonesia.
Mengutip dari situs mereka, disebutkan bahwa JKT48 seperti sister grupnya AKB48 adalah wadah bagi perempuan Indonesia untuk mewujudkan impian mereka. Bersama para penggemar, ingin membuat satu-satunya �Idola orisinal Indonesia�. Seluruh anggota JKT48 akan menggapai tujuan mereka menjadi idola sesungguhnya. dan untuk mencapainya, mereka akan berdedikasi tinggi terhadap kegiatan mereka, tidak hanya menyanyi dan menari, namun juga bakat atau penampilan lainnya. Konsep bersama dengan penggemar dimaksudkan sang konseptor JKT48 sebagai komunitas penggemar yang diajak untuk aktif mengikuti perkembangan idola mereka mencapai impiannya serta menjalin hubungan erat. Mereka benar-benar menempatkan penggemar sebagai bagian penting dalam meraih kesuksesan/
Dengan konsep yang menarik dan suara yang pantas JKT48 memenangkan persaingan dengan diferensiasi. JKT48 berhasil merebut perhatian pecinta musik dan meraih simpati yang berarti dengan keberhasilan konser mereka 25 februari 2012 lalu. Gaung bait lagu �I want you, I need you, I love�� terdengar semakin keras di jagat hiburan Indonesia.
Tidak ada komentar